Selamat Datang di Situs Resmi Badan Kepegawain Daerah Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 21 Oktober 2014

Bidang Perencanaan dan Pengembangan

Ijin dan Tugas Belajar

Diklat

Jab. Strukural dan Fungsional

Bidang Mutasi dan Pensiun

Pensiun

Kenaikan Pangkat

Pengalihan Status Pindah

Bidang Pembinaan dan
Pengawasan

Hukuman Disiplin

Verifikasi Daftar Hadir

Bidang Jaringan Informasi
dan Keswai

Bapertarum

Askes dan Taspen

PNS Berprestasi

Penghargaan dan Tanda Jasa

Sumpah Janji PNS

 

Sekretariat

DP-3 Eelon I, II, III

Pengusulan Karpeg

 
 
 

Seleksi Penerimaan CPNS Capra IPDN T.A 2013/2014 melibatkan KPK & Kementerian PAN-RB

27 Juni 2013

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada Tahun Ajaran 2013/2014 membuka kesempatan bagi putera/puteri Warga Negara Republik Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan mengikuti Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (Diploma IV) pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawei Utara Drs. Marhaen Tumiwa, M.Pd pada saat setelah mengikuti Rapat Koordinasi dalam rangka Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Juni 2013, di Ruang Sidang Utama Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Menurut Kaban BKD, seleksi CPNS Capra IPDN kali ini melibatkan KPK dan Kementrian PAN & RB.  Dalam hal ini KPK berupaya membantu melakukan deteksi dini dan pencegahan korupsi serta pengawasan terhadap seluruh proses tahapan sejak awal seleksi. Keterlibatan KPK ini ingin menjadikan Kampus IPDN Pusat dan 7 (tujuh) Kampus IPDN Daerah sebagai pilot project Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) yang nantinya dapat dijadikan contoh bagi Perguruan Tinggi Kedinasan Lainnya sebagai wujud penerapan usaha-usaha nyata dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan peningkatan kualitas sistem kelembagaan dan sumber daya manusia dalam rangka penguatan komitmen anti korupsi. Bahkan dalam Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014, terdapat tes tersendiri atau diintegrasikan dengan tes lainnya, terkait dengan materi Tes Integritas dan Kejujuran, ujar Kaban BKD Prov Sulut.

Lebih lanjut, berdasarkan Surat Menteri PAN dan RB Nomor: B/1975/M.PAN-RB/6/2013, Tanggal 5 Juni 2013, Formasi CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 telah disetujui sebanyak 2.000 Praja. Pendaftaran dilakukan oleh peserta seleksi CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dan waktu pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2013 sampai dengan 13 Juli 2013.

 

Tahapan dalam Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 menggunakan SISTEM GUGUR, meliputi:

  1. Seleksi Administrasi, dilakukan oleh Kabupaten/Kota yang dikoordinasikan oleh Pemerintah Provinsi;
  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD), dikoordinasikan oleh Kementerian PAN & RB dan BKN;
  3. Tes Kesehatan, dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, dapat bekerjasama dengan RSUD/RS TNI/RS Polri;
  4. Tes Kesamaptaan/Jasmani, dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, dapat bekerjasama dengan Jasdam/Jasmil atau Jas Polda;
  5. Tes Psikologi dengan penambahan sub item seleksi berupa Tes Integritas dan Kejujuran, dilakukan oleh Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat dan berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk Tes Integritas dan Kejujuran;
  6. Cek Ulang Kesehatan, dilakukan oleh Kesdam III Siliwangi, di Kampus IPDN Jatinangor;
  7. Cek Ulang Kesamaptaan/Jasmani, dilakukan oleh Jas Polda Jawa Barat, di Kampus IPDN Jatinangor; dan
  8. Wawancara Penentuan Akhir (Pantukhir), dilakukan oleh para Pejabat Eselon I Kemendagri, Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat, Pimpinan IPDN, Dosen IPDN terpilih dan Para Pejabat Eselon II terkait.
Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk mengukur kecerdasan majemuk (multiple intelligences) CPNS Calon Praja IPDN, disiapkan oleh Kementerian PAN dan RB dan BKN bersama 10 Konsorsium Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU); dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Unduh Pengumuman Selengkapnya disini

 
 
 

 

 
 

SIMPEG

Masukan NIP/Nama!

Polling

Bagaimana Menurut anda Pelayanan BKD Prov. Sulut?




Hasil Poling
Anda belum Memilih!
 

Copyright @2011 Badan Kepegawian Daerah Provinsi Sulawesi Utara