Lomba PBB Tumbuhkan Nasionalisme ASN Sulut

Lomba PBB Tumbuhkan Nasionalisme ASN Sulut

Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara yang ke-55 Tahun 2019, maka Pemprov Sulut melalui Badan Kepegawaian Daerah menyelenggarakan serangkaian kegiatan diantaranya adalah Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Karakter dan Mental PNS melalui Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) antar Perangkat Daerah/Instansi di lingkungan Pemprov Sulut dan Kabupaten/Kota Se Provinsi Sulut serta Instansi Vertikal di Provinsi Sulut.

Pembinaan dan pengembangan karakter dan mental yang Tangguh diharapkan dapat memberikan penyegaran dan motivasi yang tinggi kepada PNS di Sulawesi Utara agar dalam melaksanakan tugas keseharian sebagai Aparatur Pemerintah Abdi Negara dan Abdi Masyarakat memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional bahkan kecerdasan spiritual secara terintegrasi dalam rangka peningkatan kinerja dan profesionalisme kerja. Kegiatan pembinaan dan pengembangan karakter dan mental PNS dapat dilakukan salah satunya dengan mengadakan kegiatan lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotism, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan bathin yang diarahkan pada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Sikap lahir yang diperoleh antara lain ketegaran, ketangkasan, kelincahan, kerapihan, ketertiban, kekompakan, keseragaman, kesigapan, keindahan, ketanggapan, kewajaran tenaga, kesopanan dan ketelitian. Sedangkan sikap bathin yang diperoleh yaitu ketenangan, ketaatan, keikhlasan, kesetiakawanan, kebersamaan, persaudaraan, keyakinan, keberanian, kekuatan, kesadaran, konsentrasi dan persatuan. Sikap lahir dan bathin inilah yang tentunya harus dimiliki oleh setiap PNS dalam melaksanakan setiap tugas pokok dan fungsinya demi kemajuan Provinsi Sulawesi Utara secara umum dan Instansi tempat bekerja secara khusus.

Adapun beberapa persyaratan lomba PBB yaitu peserta adalah CPNS/PNS pada Keasistenan Setda dan Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Sulut , Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut serta Instansi Vertikal yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Utara dengan melampirkan SK CPNS/PNS masing-masing. Tiap Pleton berjumlah 22 orang termasuk Komandan Pleton (Danton). Pakaian yang digunakan dalam lomba antara lain Kheki lengkap dengan atribut, pakaian yang sesuai dengan pakaian dinas SKPD yang bersangkutan lengkap dengan atribut dan khusus instansi vertical menggunakan Pakaian Dinas Harian (PDH) sesuai dengan instansi/satuan masing-masing.

Pelaksanaan Lomba PBB terbagi dalam 3 bagian yaitu Babak Penyisihan I Antar Perangkat Daerah Tingkat Provinsi untuk menjaring 3 besar nilai tertinggi yang dilaksanakan pada tanggal 10 September 2019, Babak Penyisihan I Antar Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara untuk menjaring 3 besar nilai tertinggi yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2019 dan Babak Final yang dilaksanakan pada 12 September 2019 dari hasil 3 besar nilai tertinggi pada Babak Penyisihan I.

Berikut ini adalah pemenang Lomba Peraturan Baris Berbaris :