Lulusan IPDN Angkatan XXV Siap Mengabdi Memajukan Sulawesi Utara

Lulusan IPDN Angkatan XXV Siap Mengabdi Memajukan Sulawesi Utara

(Manado, 01/08/2019) Komitmen Pemerintah untuk memeratakan dan memajukan kualitas sumber daya manusia Indonesia bukan hanya sekedar wacana belaka, namun diimplementasikan secara nyata melalui berbagai program pemerintah salah satunya adalah penempatan para lulusan Praja IPDN Angkatan XXV yang tersebar di seluruh indonesia. “Penyebaran para Purna Praja IPDN merupakan bagian upaya pemerintah untuk merajut kebhinekaan serta menanamkan rasa kesatuan dalam diri para lulusan Purna Praja IPDN. Semua ini bertujuan agar mereka merasa bahwa mereka adalah indonesia yg tidak dibedakan berdasarkan suku, agama dan ras.” Jelas Dr. Bernhard Rondonuwu selaku Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan IPDN.


 

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen mewakili Pemerintah Sulawesi Utara menerima para lulusan Praja IPDN Angkatan XXV di ruang C.J Rantung ini menitipkan pesan agar para Purna Praja IPDN dapat menjadi teladan di lingkungan tempat mengabdi. ”Jadilah teladan dimanapun ditempatkan, bagilah ilmu yang telah diperoleh selama di jenjang pendidikan, bekerjalah dengan penuh tanggung jawab dan tetap menjunjung tinggi etika & integritas.” ujar Silangen dalam sambutannya.

Sebagaimana diketahui penyebaran para lulusan praja IPDN di seluruh pelosok nusantara ini telah memasuki tahun ketiga. Saat ini Angkatan XXV diatur dengan proporsi persentasi 0 % s.d 15% pada instansi pusat dan 85% s.d 100% pada instansi pemerintah daerah. Lulusan IPDN Angkatan XXV berjumlah 1457 telah diangkat menjadi CPNS Kemendagri TMT 1 Agustus 2019. Selanjutnya mereka ditugaskan secara lintas provinsi di seluruh Indonesia TMT 1 Agustus 2019 dan akan dialihkan jenis kepegawaiannya dari PNS Kemendagri menjadi PNS Daerah tempat penugasan masing-masing TMT 1 Oktober 2019. Untuk Provinsi Sulawesi Utara berjumlah 37 orang yakni Pemprov Sulut 3 orang dan sisanya berjumlah 34 orang disebar di 15 Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulut. Terkait penggajian, lulusan IPDN angkatan XXV ini dibebankan kepada APBN Kemendagri sampai dengan 31 Desember 2019 dan TMT 1 Januari 2020 dibebankan pada APBD Pemerintah Daerah tempat penugasannya masing-masing.


 

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2019 tentang Penempatan Tugas Pusat IPDN ditegaskan bahwa lulusan IPDN akan melaksanakan orientasi penugasan sekaligus ditempatkan secara lintas provinsi, kebijakan penempatan tugas ini dilakukan  dalam rangka membantu pelaksanaan tugas pada pemerintah daerah untuk semakin fokus dalam meningkatkan kualitas SDM secara merata keseluruh pelosok tanah air, sebagaimana telah dilakukan dalam bidang infrastruktur, SDM memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa dan negara.
Melalui lulusan ini, IPDN sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi Kepamong prajaan dengan eksistensinya sebagai Lembaga pencetak kader pemerintahan, sampai saat ini telah lahir lulusan-lulusan dengan intelektual yang semakin baik, IPDN juga merupakan Lembaga penempa karakter dari kader pemerintahan untuk membentuk mental, sikap dan perilaku yang baik sehingga lulusan IPDN menjhadi SDM yang memiliki intelektual yang tinggi, kepribadian yang luhur serta mental yang kuat, untuk itu harus dimaknai Bersama sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam rangka pengembangan SDM yang pada akhirnya dapat memajukan daerah.