Masuki Pensiun, ASN Pemprov Sulut Dibekali Kewirausahaan

Masuki Pensiun, ASN Pemprov Sulut Dibekali Kewirausahaan

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang akan memasuki Masa Purna Tugas mengikuti Pembekalan Kewirausahaan di ruang C.J Rantung, Kantor Gubernur Sulut yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulut, Jumat (12/7).

Pembekalan Pra Purna Tugas ini bertujuan untuk memberikan pembekalan-pembekalan baik itu mental & spiritual, termasuk didalamnya yaitu pembekalan kewirausahaan. Pembekalan kewirausahaan dimaksudkan agar dapat mengetahui berbagai alternatif kegiatan usaha/bisnis yang dapat dijalani pada masa pensiun, dan termotivasi untuk memiliki usaha/bisnis menuju kemandirian sehingga diharapkan dapat membantu ASN yang akan memasuki Masa Purna Tugas untuk mempersiapkan masa purnabakti dengan lebih matang dan terencana. Dalam Pembekalan ini, Peserta juga dapat memahami gambaran tentang rencana-rencana keuangan yang aman, mengelola pendapatan pensiun dan pesangon, pertimbangan dan pemilihan jenis investasi yang relatif aman.


Dalam sambutannya, Kepala BKD Provinsi Sulut Dr. Femmy Suluh, M.Si menjelaskan, pembekalan ini diberikan untuk mempersiapkan peserta secara optimal dalam menghadapi masa pensiun, yang mencakup segala aspek termasuk aspek perencanaan pengelolaan keuangan, dan aspek kewirausahaan. “Kiranya kegiatan pembekalan ini bisa bermanfaat di segala bidang termasuk program pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan bagi masyarakat” ujarnya.


Sementara itu, Sutjipto Hairil Makalalag  selaku Kepala Seksi Pensiun PNS Kantor Regional XI BKN Manado dalam materinya menjelaskan tentang skema-skema pemberhentian PNS diantaranya  pemberhentian dengan hak pensiun, perampingan organisasi dan pemberhentian atas permintaan sendiri. 
Adapun kegiatan Pembekalan turut dihadiri oleh perwakilan dari Bank SulutGo yakni Franky Monoarfa selaku pimpinan Divisi Pengembangan Bisnis, serta perwakilan dari PT. TASPEN Cabang Manado dan BULOG.