Pemprov Kerja Sama Pusilkom UI gelar Training Course Teknologi Informasi dan Komputer

Pemprov Kerja Sama Pusilkom UI gelar Training Course Teknologi Informasi dan Komputer

Arus revolusi 4.0 yang tidak bisa dibendung lagi, termasuk penyelenggara negara atau aparatur sipil negara dituntut menguasai teknologi informasi. Menjawab tantangan tersebut, perlunya peningkatan kemampuan pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang teknologi informasi.

Mewujudkan upaya tersebut maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia sehingga pada hari Selasa (23/04/19), Kepala BKD Dr. Femmy J. Suluh, M.Si mewakili Gubernur Sulawesi Utara membuka kegiatan tersebut dan turut dihadiri Direktur Pusilkom UI Denny, S.Kom, M.I.T, P.hD.

Dalam sambutannya kepala BKD menyampaiakan bahwa Universitas Indonesia dikenal luas oleh masyarakat sebagai universitas terbaik di Indonesia, sehingga peserta dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini menerima pelatihan langsung dari para pakar/praktisi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya yang unggul dan  handal dalam pemanfaatan teknologi informasi dan nantinya dapat diimplementasikan pada perangkat daerah masing-masing.

Sebanyak 25 ASN lingkup Pemprov Sulut mengikuti training tersebut selama 10 hari yang dilaksanakan di kampus MTI UI Salemba Jakarta. Materi training course ialah  "Data Science dan Natural Languange Processing (NLP)". Data Science adalah Suatu disiplin ilmu yang khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif (data numerik), baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Berbagai subjek yang dibahas dalam ilmu data meliputi semua proses data, mulai dari pengumpulan data, analisis data, pengolahan data, manajemen data, pengelompokan data, penyajian data, distribusi data, hingga cara mengubah data menjadi kesatuan informasi yang dapat dipahami semua orang. Dengan materi ini diharapkan peserta mampu mengolah dan memanfaatkan data-data yang bervolume besar, dinamis, variatif dan kompleks mengunakan konsep machine learning atau artificial intelegent